Animo PPDB MAN 2 Rembang Tinggi

Ayoo Bantu Share ya...

Rembang – Animo lulusan SMP/MTs yang ingin melanjutkan pendidikan di MAN 2 Rembang (MAN Lasem) tahun ajaran 2018/2019 tahun ini ternyata masih tinggi juga. Hingga Senin (2/7/2018), jumlah pendaftar telah mencapai 635 siswa.

Humas MAN 2 Rembang, Ahmad Ronji mengatakan, jumlah tersebut belum final. Namun, pihak MAN 2 Rembang hanya menerima siswa sebanyak 432 siswa yang akan ditempatkan di 12 kelas.

Ronji menjelaskan, ada beberapa kriteria untuk menerima siswa, antara lain, nilai ujian akhir MTs/SMP, baca tulis Al-qur’an dan perilaku. “Bagi siswa yang bernilai ujian akhir SMP/MTs bagus langsung kita terima tanpa tes. Atau pendaftar yang mempunyai prestasi tertentu, seperti juara I lomba tingkat Kabupaten/Provinsi, atau yang hafal Al-qur’an, juga langsung kita terima tanpa tes,” terangnya.

Namun, bagi pendaftar yang tidak mempunyai prestasi khusus, harus melalui proses tes terlebih dahulu, utamanya tes baca tulis Al-qur’an. “Atau ada calon siswa yang berindikasi mempunyai perilaku yang kurang baik, kita tunda dulu,” imbuhnya.

Ronji mengatakan, MAN 2 Rembang memang masih dipandang sebaga madrasah favorit di Rembang. Dari dahulu memang, siswa MAN 2 Rembang ini banyak yang berasal dari luar kota, bahkan luar Jawa.

“Lasem merupakan kota yang berbasis pesantren. Karena itu, banyak santri-santri yang memilih pendidikan formal di MAN Lasem,” kata Ronji.

Dari hasil wawancara dengan calon siswa, alasan mereka mendaftarkan diri di MAN 2 Rembang antara lain, ingin mempelajari ilmu agama yang sinergi dengan nyantri di Lasem, berkesempatan lebih besar  masuk PTN , kegiatan madrasah yang variatif, mempunyai nuansa seni, religi dan  olahraga, serta berpotensi untuk berprestasi. — iq

Leave a reply